Cara Flash Xiaomi Redmi S2

Cara Flash Xiaomi Redmi S2 – celahgadget.com – Terkadang langkah melakukan flashing pada Xiaomi Redmi S2 perlu di lakukan karena beberapa alasan, mungkin alasan yang paling lebih banyak di pakai oleh para pengguna Xiaomi biasanya adalah ingin menggunakan ROM Xiaomi yang lebih tinggi atau terupdate bahkan ada juga yang melakukan flashing untuk downgrade versi MIUI nya dari kesemua alasan tersebut masih banyak alasan yang lainya dan itu semua tergantung pemikiran setiap orang masing – masing.

Karena setiap orang mempunyai kebutuhanya sendiri dan merasa lebih nyaman menggunakan versi ROM yang lebih tinggi ataupun yang masih di bawahnya atau masih rendah.

Flash Redmi S2 - Cara Flash Xiaomi Redmi S2

Adapun untuk proses flashing sendiri sangatlah mudah di lakukan namun di beberapa kasus juga terkadang sangatlah sulit untuk di lakukan di karenakan beberapa hal yang mendasar seperti belum unlock bootloader atau bootloader masih dalam terkunci jika dalam bahasa inggris yaitu locked bootloader yang biasanya juga sering di sebutkan oleh teman – teman yang bergelut di dunia ini.

Akan tetapi permasalahan locked bootloader untuk melakukan flashing pada Xiaomi Redmi S2 ini sudah bisa di atasi dengan menggunakan Test Point Xiaomi Redmi S2 yang sekarang sudah di temukan lokasi test pointnya yang di mana itu akan sangat mempermudah sekali untuk kita bisa melakukan flashing tanpa harus unlock bootloader.

Namun dalam pembahasan saat ini yang akan sedang saya bahas di sini adalah flash Xiaomi Redmi S2 seperti biasanya menggunakan mi flash yaitu dalam keadaan unlock bootloader dan masuk ke dalam mode fastboot cara ini merupakan cara official atau resmi yang di bagikan di forum en.miui.com secara publik.

Tanpa berlama – lama ada beberapa file yang perlu kalian penuhi di antaranya :

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Redmi S2 Tanpa PC

Download Tools 

  1. MiFlashTools
  2. Minimal ADB & Driver

Download Firmware Xiaomi Redmi S2

  1. MIU 9 Firmware/ROM MIUI Xiaomi Redmi S2

Setelah kamu berhasil mendonwnload mi flash, minimal adb driver & juga firmware atau software Xiaomi Redmi S2 yang sudah saya berikan di atas maka kamu sudah siap untuk masuk ke dalam proses flashing Xiaomi Redmi S2 berikut ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi S2

  1. Install Aplikasi MiFlashTools yang saya berikan di atas linknya jika meminta izin driver install silahkan kamu izinkan terlebih dahulu.
    Minimal ADB Install - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  2. Setelah itu Install Minimal ADB & Driver di PC / Komputer kamu dan jika meminta izin driver juga silahkan di izinkan saja dan jangan sampai tidak kamu izinkan karena proses install akan gagal atau error.
    Install MiFlashTools - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  3. Sekarang extract file ROM yang sudah kamu unduh dan di sana kamu akan menemukan beberapa file seperti flash all.bat dan lain sebagainya itu mendandakan proses extract berjalan sempurna dan file juga tidak corupt.
  4. Sekarang masuk ke dalam mode fastboot dengan cara menekan Tombol Power & Volume Bawah secara bersamaan sehingga kamu masuk ke dalam mode fastboot dengan bertanda di layar xiaomi anda muncul gambar boneka MI Bunies.
  5. Setelah itu buka aplikasi MiFlashtools yang sudah berhasil kamu install.
  6. Dan pilih browse di MiFlashtool kemudian pilih lokasi folder file ROM yang sudah kamu extract.
    Browse File - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  7. Sekarang hubungkan smartphone Xiaomi kamu ke PC menggunakan kabel USB
  8. Tekan menu Refresh yang ada di MiFlashtool pastikan smartphone Xiaomi kamu terdeteksi di Mi Flash biasanya berupa kode acak.
    Tekan Refresh - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  9. Jika sudah kamu rasa semuanya siap sekarang kamu bisa menekan tombol atau menu flash yang ada di miflashtool.
  10. Proses Flashing akan berjalan tunggu saja hingga selesai biasanya memakan waktu kurang lebihnya 10-15 menit ( pengalaman saya ) mungkin bisa lebih cepat bahkan lebih lama.
    Flash Berjalan - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  11. Jika proses flashing sudah selesai silahkan cabut smartphone anda dari PC dan tekan tombol Power biasanya butuh waktu 3-8 detik untuk baru awal – awal flash.
    Flash Selesai - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  12. Untuk booting awal akan cukup terasa lama dan ini wajar silahkan di tunggu saja.
Baca Juga :  Download MIUI 10 China Stable Redmi S2

Cara Flash Xiaomi Redmi S2 Via Updater / Pembaruan ( non UBL ” Recovery ROM” )

  1. Taruh file Recovery MIUI 10 yang sudah kamu download di memori internal smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro Kenzo kamu.
  2. Kemduian masuk ke aplikasi Setting/Pengaturan.
  3. Kemudian masuk ke Tentang Ponsel.
    Setelan - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  4. Dan silahkan kamu pilih pembaruan system.
    Pembaruan system - Cara Flash Xiaomi Redmi S2
  5. Terus ketuk menu di pojok kanan atas dan pilih menu Pilih Paket Pembaruan.
  6. Kemduian pilih file ROM Recovery yang sudah kamu download dan di simpan di smartphone kamu.
  7. Pastikan kamu terhubung ke internet untuk memerika paket pembaruan.
  8. Setelah kamu memilih paket pembaruan maka Updater / OTA/ Pembaruan system akan memeriksa pembaruan kamu.
  9. Jika pembaruan terverifikasi nanti akan ada tulisan update dan silahkan kamu pilih iya/yes/izinkan saja.
  10. Dan setelah kamu mengikuti langkah no 9 maka proses install akan bejalan dan tunggu hingga selesai.
  11. Pastikan juga baterai masih tersisa 50% jika kurang silahkan sambil di hubungkan ke charger.

Cara Flash Xiaomi Redmi S2 Via TWRP ( non UBL ” Recovery ROM” )

  1. Unduh file ROM  yang sudah saya berikan di atas dan taruh file tersebut di memori internal atau memori external juga bisa dan taruh filenya di luar folder untuk mempermudah proses pencarian file.
  2. Sekarang matikan Smartphone Xiaomi kamu dan pastikan Smartphone Xiaomi kami sudah mati sempurna.
  3. Setelah mati sekarang tekan tombol Power & Tombol Volume Atas secara bersamaan sampai masuk ke TWRP Recovery.
  4. Lakukan FULL Backup ROM anda terlebih dahulu jika di rasa perlu.
  5. Silahkan kamu full wipe terelebih dahulu dengan Wipe Data, Cache & Dalvik.
  6. Setelah itu anda akan masuk ke TWRP Recovery dan menemukan beberapa menu dan pilih Install.
  7. Install Firmware Nougat ( OPSIONAL ) jika terjadi bootloop keterangan lebih lanjut ada di bawah link download.
  8. Pilih file ROM yang sudah kamu unduh dan Swipe To Install setelah kamu perintahkan Swipe To Install maka proses flash atau Install ROM akan berjalan.
  9. Tunggu proses install hingga selesai.
Baca Juga :  Downlaod MIUI 9 Global Stable Xiaomi Redmi S2

NB : proses booting awal setelah menginstall ROM yang baru saja install biasanya memakan waktu lama untuk melakukan booting karena perlu menyesuaikan system dan menginstall beberapa aplikasi, biasanya memakan waktu 10-15 menit tergantung keadaaan smartphone kamu.

Seperti yang kita ketahui bersama tutorial flash yang ada di langkah pertama tutorial ini harus unlock bootlaoder pastinya tutorial ini tidak akan mengatasi masalah anda yang masih locked bootloader namun sangat ingin sekali untuk melakukan flashing menggunakan fastboot rom kamu bisa mengikuti Tutorial Flash Xiaomi Redmi S2tanpa UBL atau bisa membaca Cara Masuk Mode EDL/Download Xiaomi Redmi S2 yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Untuk yang masih sekiranya masih belum berhasil menggunakan metode flashing di halaman ini bisa mencobanya lagi mungkin saja ada langkah – langkah yang di lewatkan dengan sengaja ataupun tidak di sengaja oleh kamu, pastikan semuanya sesuai dengan langkah – langkah yang saya berikan di halaman ini, karena cara ini sudah saya lakukan berkali – kali dan sudah sering berhasil tanpa gagal sekalipun, walaupun ada kegagalan hanya problem kecil saja yang bisa di perbaiki dengan mudah sekali.

Leave a Reply